Selasa, 05 Maret 2013

Pidato disiplin kunci kesuksesan


Om Swastyastu

Yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMA N 1 Tampaksiring
Bapak dan Ibuk guru pembimbing yang saya hormati pula
Dan teman-teman yang saya sayangi

Puji syukur kita panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena atas rahmatnya kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat di tempat dan waktu yang baik ini.
Saya ingin menyampaikan terimakasih kepada guru pembimbing karna memberikan saya kesempatan untuk menyampaikan sebuah pidato dengan tema Disiplin Kunci Kesuksesan.
Bapak Ibu Guru pembimbing serta teman-teman sekalian, yang dimaksud dengan disiplin adalah : taat, patuh dan ikut pada peraturan yang ada yang bertujuan untuk membuat semua hal yang kita lakukan menjadi teratur dan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Macam-macam disiplin yang kita temui didalam kehidupan sehari hari yaitu:

1.      Disiplin dirumah
Sebelum kita melaksakan berbagai aktivitas, sebagai umat beragama kita wajib berdoa agar apa yang kiita lakukan diberkati. Setelah selesai berdoa barulah kita melaksakan aktivitas sebagaimana mestinya. Misalnya: bangun pagi dan menyiapkan diri untuk berangkat sekolah, mengerjakan pekerjaan rumah, membersihkan rumah secara rutin, dan lain-lainnya. Jika kita membiasakan disiplin dirumah dari hal-hal kecil, maka kita akan terbiasa disiplin dimana pun kita berada. Karena dengan disiplin berarti kita sudah melaksanakan apa yang seharusnya kita laksanakan tanpa melanggar apa yang telah ditentukan.

2.      Disiplin disekolah
Adalah usaha sekolah untuk memelihara perilaku siswa agar tidak menyimpang dan dapat mendorong siswa untuk berperilaku sesuai dengan norma, peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah. Kepatuhan dan ketaatan siswa terhadap berbagai aturan dan tata tertib yang yang berlaku di sekolahnya itu biasa disebut disiplin siswa. Sedangkan peraturan, tata tertib, dan berbagai ketentuan lainnya yang berupaya mengatur perilaku siswa disebut disiplin sekolah.
Berkenaan dengan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa tujuan disiplin sekolah adalah: 
  •  Memberi dukungan bagi terciptanya perilaku yang tidak menyimpang. 
  •  Mendorong siswa melakukan sesuatu yang baik dan benar.
  •  Memembantu siswa memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungannya dan menjauhi hal-hal yang dilarang oleh sekolah, dan
  •  Siswa belajar hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan bermanfaat bagi dirinya serta lingkungannya.
Membicarakan tentang disiplin sekolah tidak bisa dilepaskan dengan persoalan perilaku negatif siswa, misalnya: kasus bolos, perkelahian, nyontek, pemalakan, pencurian, kehidupan sex bebas, keterlibatan dalam narkoba, gang motor, dan berbagai tindakan yang menjurus kearah kriminal lainnya, yang berakibat pada kerugian diri sendiri dan masyarakat umum. Untuk mencegah dan menangulangi perilaku negatif tersebut dibutuhkan pemahaman tentang arti penting disiplin sekolah.

3.      Disiplin dijalan raya
Seperti yang kita lihat, masih banyaknya pelanggaran lalu lintas yang terjadi dijalan raya seperti: mengendarai motor secara ugal-ugalan, tidak memakai helm, tidak memakai sepion, tidak memakai sabuk pengaman, dan tidak menghidupkan lampu pada siang hari khusus bagi pengendara bermotor.
Hal ini menyebabkan banyaknya terjadi kecelakaan lalu lintas yang sangat meresahkan masyarakat. Untuk mengatasi hal tersebut akan ada yang namanya peraturan lalu lintas yang wajib di patuhi oleh siapapun secara disiplin.

Bapak Ibu Guru pembimbing dan teman-teman sekalian. Memang masih sangat banyak orang yang selalu melanggar peraturan alias tidak disiplin. Yang berakibat pada kerugian diri sendiri maupun orang lain. Jika kita disiplin, yang kita dapat adalah keuntungan yang sangat luar biasa. Keuntungan yang membuat diri kita menjadi lebih baik, lebih percaya diri dan lebih disegani oleh orang lain.
Maka dari itu saya mengajak semua teman-teman marilah kita tanamkan sikap disiplin sejak dini. Karena disiplin merupakan kunci dari kesuksesan dan disiplin merupakan kunci keberasilan.
Sekian pidato singkat saya, dan mohon maaf bila ada yang kurang berkenan.

Om Santi Santi Santi Om

Tidak ada komentar:

Posting Komentar